17 December, 2007

Rajin Nge-game, Anak Makin Bodoh

http://www.detikinet.com/

Fino Yurio Kristo – detikinet

Inggris - Anak-anak umumnya senang dengan yang namanya video game. Namun jika terlalu berlebihan nge-game, kemampuan baca mereka kemungkinan bisa menurun.

Anggapan bahwa video game adalah biang keladi menurunnya kemampuan membaca anak-anak ini diungkap dalam sebuah artikel di tabloid The Sun, Inggris. Hal ini berawal setelah dalam sebuah studi, dilaporkan peringkat kepandaian membaca anak-anak Inggris menurun drastis dari peringkat ketiga menjadi peringkat 15 dunia.

Menurut artikel tersebut, kegemaran anak-anak bermain game menjadi biang keladi penurunan ini. Disebutkan, lebih dari sepertiga anak-anak Inggris usia 10 tahun menghabiskan setidaknya waktu tiga jam untuk bermain game sepulang sekolah. Angka ini jauh lebih tinggi daripada yang terjadi di negara-negara Eropa lainnya.

Maka, masih menurut The Sun, karena anak-anak sibuk bermain game, mereka tidak lagi senang membaca. Hal inipun berakibat kemampuan membaca mereka pun menurun. Demikian seperti dikutip detikINET dari Mcvuk, Sabtu (1/12/2007). ( fyk / dwn )

No comments: