06 December, 2007

Kelompok Rahasia Kendalikan Wikipedia?

Jakarta - Situs ensiklopedi online Wikipedia diduga dikuasai sebuah kelompok rahasia, yaitu segelintir editor elit yang mengendalikan konten di situs yang katanya demokratis ini.

Bukti-bukti tentang adanya 'kelompok rahasia' ini terungkap dengan bocornya sebuah mailing list privat. Mailing list ini dikabarkan menjadi sarana komunikasi sekelompok kecil editor itu untuk mendiskusikan pengubahan-pengubahan di Wikipedia secara rahasia.

Hal ini tercetus ketika administrator elit Wikipedia bernama Durova memakai mailing list itu untuk memblok aktivitas kontributor senior Wikipedia secara semena-mena. Mailing list itupun bocor ke publik berkenaan dengan kemarahan pada tindakan Durova.

Gara-gara bocornya mailing list rahasia ini, sang kontributor tiba-tiba diperbolehkan beroperasi lagi di Wikipedia. Beberapa kalangan pun menganggap dengan adanya campur tangan jajaran elit editor di belakang kejadian tersebut, mereka mengganggap situs ini tidaklah sedemokratis seperti yang selalu digembar gemborkan selama ini.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, memberi tanggapan yang santai mengenai kejadian ini. Menurutnya, seperti dikutip detikINET dari PC Pro, Kamis (6/12/2007), kejadian tersebut sebaiknya diambil hikmahnya dan bukan malah didramatisir.

( ash / ash )

Disadur dari : http://www.detikinet.com/

1 comment:

sri@rtini said...

Assalamu'alaikum,
saya nengok blognya ya.
Tapi comment nya just "Hai"
Semoga pulang dari Bandung "have fun". Salam buat b Yuyun