26 December, 2007

Cincin Planet Saturnus berusia 4,5 miliar tahun

Wahana Cassini yang diluncurkan NASA –Sebuah Badan Antariksa AS- pada tahun 1997 telah mencapai orbit planet Saturnus pada tahun 2004, dan berhasil menemukan bahwa cincin yang terdapat pada planet Saturnus diperkirakan telah ada sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Seperti dikutip almuslimITnews dari kompas.com.

Hal tersebut dikuatkan bukti bahwa pasrtikel-partikel penyusunnya yang secara rutin saling bertabrakan dan pecahannya menyatu kembali membentuk cincin baru.

Cincin Saturnus teridir dari tujuh lapisan utama dan ribuan lapisan tipis di sekelilingnya. Masing-masing tersusun dari campuran es, debu, dan pecahan batu yang mengorbit bersama.

Sejak zaman Galileo, planet Saturnus menjadi salah satu objek yang menarik untuk diteliti. Para ilmuwan tertarik menelitinya untuk dapat mengetahui rahasia pembentukan planet Saturnus tersebut. (WP)

1 comment:

infogue said...

Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://astronomi.infogue.com
http://astronomi.infogue.com/cincin_planet_saturnus_berusia_4_5_miliar_tahun