20 November, 2007

Robot pun Bisa Takut Dipukuli






Ki-ka: Kobie dan Robie (chosun)

Jakarta - Perkembangan teknologi robot semakin hari semakin pesat saja. Kini, ilmuwan Korea Selatan (Korsel) mengembangkan robot binatang yang bisa merasakan emosi layaknya manusia.

Adalah lembaga The Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI) yang mengungkapkan bahwa mereka telah mengembangkan dua robot binatang canggih. Satu robot yang mirip Koala dinamakan Kobie dan satu lagi yang mirip kelinci dinamakan Rabie.

Kobie disebut bisa mengenali wajah manusia, melakukan kontak mata, dan mengekspresikan bermacam emosi melalui gerak dan suaranya. Emosi ini termasuk rasa gembira, rasa malu dan keterkejutan.

"Jika Anda memukul Kobie sekali, dia akan bereaksi terkejut. Namun jika Anda terus memukulinya, dia akan kelihatan takut. Dia pun bisa memperkirakan apakah Anda menyukainya atau tidak" demikian ilustrasi dari Son Joo Chan, peneliti senior di ETRI seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (13/11/2007).

Para penciptanya mengklaim robot ini sebagai robot binatang termaju di Korsel. Sensor untuk mendeteksi sentuhan, sinar sampai suara disembunyikan di balik bulu Kobie dan ditransmisikan secara wireless pada komputer terdekat. Komputer ini yang akan memerintah Kobie untuk bereaksi secara tepat.

Sementara, robot Rabie yang berbentuk seperti kelinci punya sistem built in bernama Bossam yang dikembangkan ETRI sejak tahun 2006. Sistem Bossam ini memungkinkan Rabie bermain kata-kata dalam bahasa Inggris. Misalnya, jika orang memikirkan suatu benda, Rabie akan menebak benda itu dengan bertanya berbagai hal seperti, 'apakah benda itu besar?'.

Selain itu, Rabie disebut juga bisa dipakai untuk mengawasi rumah ataupun anak-anak karena robot ini bisa diprogram untuk mengambil foto dan mengirimkannya ke ponsel orang tua. Pihak ETRI yang telah mematenkan robot ini pun berharap bisa menjualnya secara komersial dengan mentransfer teknologinya pada perusahaan swasta yang berminat. ( fyk / wsh )


disadur dari : http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/11/tgl/13/time/133729/idnews/851913/idkanal/317

No comments: