15 November, 2007

Lima Juta Situs Ditunggangi Program Jahat

Jakarta - Pengguna Internet patut meningkatkan kewaspadaan karena program jahat seperti virus terus mengintai mereka yang lengah di dunia maya. Saat ini, jutaan situs ternyata mengandung program jahat yang bisa membahayakan pemakai komputer.

Adalah perusahaan keamanan Internet, Webroot Software yang mengidentifikasi bahwa sebanyak lima juta situs mengandung program jahat tertentu dalam bulan Oktober 2007. Salah satu infeksi virus dari situs yang berakibat cukup fatal adalah menyebarnya 'Comet Cursor' di Inggris Raya.

'Comet Cursor' adalah program jahat yang mampu mengetahui kebiasaan online pengguna Internet kemudian menyebarkan informasinya pada pihak yang lain. Tak hanya itu, program jahat ini juga bisa mengakibatkan gangguan akses maupun performa sistem komputer.

Analisis Webroot untuk bulan Oktober ini juga mengidentifikasi 'Downloader-Zlob' sebagai jenis virus Trojan yang paling banyak dijumpai. Virus ini cukup berbahaya dan beberapa tipenya bisa digunakan penyerang untuk menggunakan komputer korban sebagai sarana meluncurkan program jahat. Jenis virus 'Trojan.gen' dan 'LdPinch Trojan' juga jadi ancaman serius dalam bulan tersebut.

Selain itu, Webroot mengidentifikasi '007 Spy' sebagai penyerang sistem komputer yang paling umum dijumpai pada bulan yang sama. Program jahat ini memiliki kemampuan merekam berbagai aktivitas dalam komputer korban.

"Program jahat semakin kompleks dan canggih. Teknologinya semakin maju dan perkembangannya cepat sekali sehingga beberapa metode deteksi yang ditawarkan perusahaan sekuriti tak mampu mengimbanginya," kata Peter Watkins, Chief Executive Webroot mengenai fenomena ini seperti dikutip detikINET dari VNunet, Kamis (15/11/2007). ( fyk / fyk )

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/11/tgl/15/time/105814/idnews/852896/idkanal/323

No comments: