25 February, 2008

Cara Update (memperbaharui) Antivirus.

Banyak sekarang antivirus gratis yang kemampuannya tidak kalah dengan yang komersil, tapi jika tidak pernah diupdate, antivirus sebagus apapun juga tidak akan bermanfaat, dia tidak akan mengenali virus terbaru yang beredar di internet, yang pada akhirnya, dengan sengaja atau tidak, virus tersebut juga akan samapai ke kita. Lalu bagaimana menghadapinya ?

Update antivirusnya !!

Caranya ??

Masuk ke situs resmi antivirusnya. Anda harus tahu antivirus apa yang anda gunakan, dan anda juga harus tahu situs resminya. Disana biasanya disediakan download untuk updatenya.

Dari sejumlah antivirus yang ada, bermacam-macam cara updatenya. Ada yang harus koneksi dengan internet, artinya, ketika proses update sedang berjalan, komputer kita harus terhubung dengan internet, karena updatenya dia tidak mau didownload begitu saja, kemudian dibagi-bagikan seenaknya. Tapi antivirus yang seperti biasanya gak laku.

Ada juga antivirus yang bisa didownload dengan mudah dan bisa didistribusikan dengan mudah pula.

Lalu, apa yang diupdate ? Yang diupdate biasanya definisinya atau apalah semacam itu, supaya dia bisa mengenali virus terbaru. Tapi terkadang, meskipun dia sudah bisa mengenali virus terbaru, tidak serta-merta dia juga bisa memperbaiki atau mengatasi virus tersebut. Jika dia tidak mampu memperbaiki file yang terinfeksi virus, biasanya dia menyarankan untuk menghapus file yang terserang virus, tujuannya supaya tidak menular ke file yang lain.

Jadi update antivirus itu seperti kita mengupdate informasi terbaru di otak kita, supaya kita tidak kuper. Seperti itu juga yang terjadi di antivirus, supaya antivirus tidak "kuper" bila ada virus terbaru.

Update antivirus bisa dilakukan setiap hari, atau berkala, bergantung dari penyedia jasa antivirus tersebut.
(WP)

No comments: