23 February, 2008

Virus... oh Virus...

"Waduh, kena virus lagi, fileku hilang, kemana nih??"

Banyak akibat yang bisa disebabkan oleh virus, mulai dari hanya sekedar menampilkan pesan sederhana, karena pembuatnya memang cuma iseng saja. Ada juga virus yang bisa merubah isi file kita, menghapus, menduplikasi / menggandakan diri sehingga kapasitas harddisk pebuh padahal data kita hanya sedikit, bahkan menyembunyikan file, kemudian si virus membuat file yang sama persis dengan file kita, tapi sebenarnya itu adalah virus. Hingga, pernah ada cerita bahwa virus bisa memformat harddisk hingga meledakkan layar monitor.

Sebegitukah kejamnya virus ?? sepertinya memang iya..

Maka dari itu tak ada satupun dari kita yang ingin komputernya terserang virus.

Lalu bagaimana mencegahnya ?
Ada beberapa tips yang mungkin bisa kita lakukan supaya komputer kita tidak gampang terserang virus.

1. Hindari memasukkan flashdisk yang sudah pernah dipakai diluar, apalagi dari warnet. Mengapa?? kita tidak akan pernah tahu, komputer yang kita pakai diluar itu apakah sudah bebas virus? Lha kalau dari warnet gimana? nah itu, yang menggunakan warnet itu banyak orang, dan kita tak akan pernah bisa tahu aktivitas apa saja yang pernah dilakukan di komputer tersebut.

2.Gunakan antivirus. Itupun kita harus tetap hati-hati, menggunakan antivirus yang baik, pasti mahal harganya, kecuali anda memang berduit, sehingga mampu membeli software antivirus yang asli. Kenapa kita harus masih hati-hati dengan antivirus. Banyak antivirus gratisan yang tersebar di internet, tapi sepertinya tidak semuanya baik dan bersahabat kalau tidak selektif dalam memilih antivirus yang bajakan tersebut. Bahkan untuk virus tertentu kadang kita harus menggunakan antivirus tertentu, artinya tidak ada satu antiviruspun yang bisa membasmi semua virus. Obat khusus untuk penyakit khusus.

3.Update terus antivirus anda. Jangan pernah ketinggalan dengan update definisi antivirus, karena jika anda lengah, kemudian ada virus terbaru, maka jika antivirus kita tidak diupdate, maka antivirus kita tidak akan bisa mengenali virus baru tersebut, sehingga dianggap tidak ada virus, padahal ada.

4.Berhati-hatilah dalam mengakses internet. Karena bisa-bisa yang anda klik itu adalah virus. kenapa? penulis pernah mengalaminya sendiri, ketika sedang browsing kemudian tertarik dengan sebuah link, setelah diklik link tersebut tiba-tiba monitor mati, setelah di restart komputernya ternyata boot-nya tidak ada, setelah dicek lebih lanjut, isi harddisk ternyata kosong.

Bukan berarti menakut-nakuti, sebaiknya rawatlah komputer anda dengan baik, sebaik anda merawat diri anda. Gunakanlah komputer sengan bijak, usahakan tidak sembarangan menggunakannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.
(WP)

2 comments:

Anonymous said...

Virus bisa gak ya nular dari warnet ke labkom??? Coz komen ini ditulis di komputer warnet yg virusnya lumayan ganas. Hati-hati !!! :D

Anonymous said...

sepertinya gak gitu deh, cuma kalo kamu simpan file dari kompie yang ada di warnet (yang terkena virus) trus filenya kamu buka dirumah, sepertinya itu yang kudu ati-ati.