08 January, 2008

Bedanya Save dan Save As di Microsoft Word 2003

Kalau dilihat dilihat dari fungsinya, Save dan Save As sama-sama untuk menyimpan. Lalu dimana letak bedanya ?? Coba kita lihat satu persatu ! Ketika kita baru pertam kali mengetik, artinya ketika kita mengetik, kita tidak membuka dokumen yang sudah ada, atau kita tidak melanjutkan ketikan kita yang belum selesai (yang kita buka dari my document / tempat dimana kita menyimpan file tersebut), dokumen yang kita ketik benar-benar baru dan belum diberi nama (biasanya dibagian kiri atas tertulis “Document1 – Microsoft Word”), maka jika kita telah selesai mengetiknya, perintah menyimpan Save dan Save As adalah sama saja, sama-sama untuk menyimpan, karena memang filenya belum pernah disimpan.

Save
Save digunakan untuk menyimpan file yang sudah pernah tersimpan dengan menggunakan nama file yang sama. Contohnya, misal kita punya file dengan nama file “data pribadi” dan kita ingin melanjutkan ketikan kita, maka kita membuka file tersebut kemudian melanjutkan mengetiknya. Jika kita merasa sudah menambahkan isi file tersebut kemudian ingin menyimpan file tersebut dengan nama file yang tetap / sama (yaitu data pribadi), maka kita tinggal tekan icon disket yang biasanya terletak dibawah menu edit, atau menggunakan menu File kemudian Save.
Isi file data pribadi tadi akan bertambah dengan yang baru saja kita ketik tadi. File yang sebelumnya isinya sudah bertambah dengan yang baru saja kita ketik. Dan kita hanya punya satu file.

Save As
Biasanya ini digunakan supaya file kita yang sebelumnya aman. Contoh yang digunakan sama, yaitu ingin menambahkan isi file yang kita inginkan, tapi kita tidak ingin file yang sebelumnya rusak (biasanya buat jaga-jaga). Setelah kita mengetik / menambah isi file yang dimaksud, kemudian kita menyimpannya dengan menggunakan langkah File -> Save As -> beri nama file dengan nama yang baru -> tekan tombol save di kanan bawah. Selanjutnya, cobalah buka file yang lama, isi filenya akan tetap dan tidak berubah, sedangkan jika kita membuka file dengan nama yang baru (disimpan pake Save As), kita akan menemui isi file bertambah. Kita akan punya dua file, yaitu : file yang pertama adalah file yang belum dilanjutkan / ditambah isinya, sedangkan file yang kedua adalah file dengan nama yang baru denga isinya adalah lanjutan dari file yang kita buka tadi.

Semoga kita tidak bertambah bingung, atau makin bingung???
(WP)

No comments: